Di panduan ini saya akan menjelaskan cara setting tiga tombol autoreply, diantaranya :
Pada fitur autoreply seperti yang telah dijelaskan sebelumnya terdapat opsi tipe button yang anda dapat gunakan agar autoreply wabot lebih menarik dan interaktif ketika digunakan sehingga lebih efektif dalam membantu customer mendapatkan informasi produk yang anda miliki juga dapat meningkatkan konversi customer untuk membeli produk anda atau menggunakan jasa yang anda tawarkan, berikut ini langkah-langkah pembuatannya :
Jika anda memiliki beberapa nomor whatsapp anda dapat menentukan secara spesifik nomor mana yang akan mengirim pesan jika kyword auto reply yang anda buat digunakan oleh customer, atau anda dapat memilih opsi “SEMUA” maka semua nomor yang terdaftar di smart whatsapp anda akan dapat merespon auto reply yang anda buat.
Tentukan keyword atau kata kunci yang digunakan untuk mendapatkan respon dari template auto reply yang dibuat. Anda dapat menentukan lebih dari satu keyword dengan memberikan tanda koma “,” untuk memisahkan keyword satu dan keyword lainnya. Keyword yang digunakan tidak case sensitif atau besar kecilnya huruf tidak berpengaruh.
Persentase kemiripan autoreply
Anda dapat menentukan seberapa besar persentase kemiripan text keyword yang digunakan, semakin besar persentase kemiripan maka semakin besar ketepatan tulisan keyword yang digunakan akan bekerja atau merespon.
Tanggapan Autoreply
Pesan atau text yang akan dikirim atau direspon ketika keyword yang telah ditentukan digunakan atau dichat oleh customer ke nomor whatsapp yang terhubung ke smart whatsapp.
Anda dapat menggunakan variabel {name} agar ketika respon dikirim akan menyebutkan nama customer sesuai nama profile customer yang mengirimkan pesan ke anda menggunakan keyword yang telah ditentukan.
Anda juga dapat menggunakan variabel yang ada pada kolom phonebook yang anda telah buat di phonebook berupa {email}, {memo}, {column1} s.d {column5} jika pada saat anda membuat phonebook anda mengisi kolom-kolom variabel tersebut.
Autoreply mediafile
Anda Juga dapat menambahkan media atau dokumen tambahan untuk template autoreply yang anda buat jika dibutuhkan dengan beberapa format file diantaranya JPEG/PNG/GIF/PDF/DOCX/PPTX/XLSX/CSV/MP3.
Pilih Tipe Button Reply
Untuk membuat template autoreply dengan tipe Button Reply, lalu setelah opsi tersebut dipilih akan muncul beberapa opsi tambahan yang perlu diisi untuk membuat template autoreply dengan tipe button reply seperti pada gambar dibawah ini
Teks Button Footer
Berfungsi untuk menambahkan text footer pada pesan autoreply anda, biasanya berupa nama brand anda agar terlihat lebih menarik.
Anda dapat membuat lima pilihan tombol yang dapat anda gunakan, pada kolom button isi text yang akan muncul pada tiap button/tombol
Keyword Button 1 s.d 5 ( Keyword untuk button)
Dari ke lima pilihan button/tombol yang dapat anda buat, anda juga dapat menentukan keyword dari setiap button/tombol yang dipilih yang nantinya anda dapat gunakan untuk memanggil respon template autoreplay lainnya sesuai keyword yang ditentukan
Setelah semua kolom tambahan opsi tipe Reply Button telah anda isi sesuai kebutuhan selanjutnya klik tombol “Kirim” untuk menyimpan template autoreply yang anda buat tersebut.
Anda dapat mencoba template auto reply button yang telah dibuat dengan cara kirim pesan atau chat sesuai keyword yang anda gunakan pada template autoreply yang anda telah buat ke nomor whatsapp yang terhubung ke smart whatsapp.
Dibawah ini contoh tombol button reply
2. Tombol Template Button
Pilihan tipe button berikutnya adalah tipe template button yang formatnya mirip seperti reply button hanya saja untuk template button anda dapat menyisipkan link pada tombol/button yang anda buat, berikut langkah-langkah pembuatannya :
Klik tombol “Tambah Template Autoreply” pada halaman template autoreply
Pilih nomor pengirim autoreply
Jika anda memiliki beberapa nomor whatsapp anda dapat menentukan secara spesifik nomor mana yang akan mengirim pesan jika kyword auto reply yang anda buat digunakan oleh customer, atau anda dapat memilih opsi “SEMUA” maka semua nomor yang terdaftar di smart whatsapp anda akan dapat merespon auto reply yang anda buat.
Keyword Autoreply
Tentukan keyword atau kata kunci yang digunakan untuk mendapatkan respon dari template auto reply yang dibuat. Anda dapat menentukan lebih dari satu keyword dengan memberikan tanda koma “,” untuk memisahkan keyword satu dan keyword lainnya. Keyword yang digunakan tidak case sensitif atau besar kecilnya huruf tidak berpengaruh.
Persentase kemiripan autoreply
Anda dapat menentukan seberapa besar persentase kemiripan text keyword yang digunakan, semakin besar persentase kemiripan maka semakin besar ketepatan tulisan keyword yang digunakan akan bekerja atau merespon.
Tanggapan Autoreply
Pesan atau text yang akan dikirim atau direspon ketika keyword yang telah ditentukan digunakan atau dichat oleh customer ke nomor whatsapp yang terhubung ke smart whatsapp.
Anda dapat menggunakan variabel {name} agar ketika respon dikirim akan menyebutkan nama customer sesuai nama profile customer yang mengirimkan pesan ke anda menggunakan keyword yang telah ditentukan.
Anda juga dapat menggunakan variabel yang ada pada kolom phonebook yang anda telah buat di phonebook berupa {email}, {memo}, {column1} s.d {column5} jika pada saat anda membuat phonebook anda mengisi kolom-kolom variabel tersebut.
Autoreply mediafile
Anda Juga dapat menambahkan media atau dokumen tambahan untuk template autoreply yang anda buat jika dibutuhkan dengan beberapa format file diantaranya JPEG/PNG/GIF/PDF/DOCX/PPTX/XLSX/CSV/MP3.
Pilih Tipe Button template
Untuk membuat template autoreply dengan tipe Template Button, lalu setelah opsi tersebut dipilih akan muncul beberapa opsi tambahan yang perlu diisi untuk membuat template autoreply dengan tipe template button seperti pada gambar dibawah ini
Button 1 s.d 5 ( Text pada button )
Anda dapat membuat lima pilihan tombol yang dapat anda gunakan, pada kolom button isi text yang akan muncul pada tiap button/tombol
Keyword Button 1 s.d 5 ( Keyword untuk button)
Dari ke lima pilihan button/tombol yang dapat anda buat, anda juga dapat menentukan keyword dari setiap button/tombol yang dipilih yang nantinya anda dapat gunakan untuk memanggil respon template autoreplay lainnya sesuai keyword yang ditentukan, selain menggunakan keyword untuk tipe button template button anda juga dapat menggunakan link atau menggunakan nomor telpon yang dapat anda gunakan untuk langsung menelpon customer service contohnya.
Setelah semua kolom tambahan opsi tipe Template Button telah anda isi sesuai kebutuhan selanjutnya klik tombol “Kirim” untuk menyimpan template autoreply yang anda buat tersebut seperti gambar diatas.
Anda dapat mencoba template button yang telah dibuat dengan cara kirim pesan atau chat sesuai keyword yang anda gunakan pada template autoreply yang anda telah buat ke nomor whatsapp yang terhubung ke smart whatsapp.
gambar diatas contoh button template reply dari hp
3. Tombol List Button
Pilihan tipe tombol/button terakhir yang dapat anda gunakan di smart whatsapp adalah list button. Tipe tombol/button ini cocok anda gunakan jika opsi atau pilihan tombol yang ingin anda buat lebih dari lima opsi yang pada tipe tombol/button lainnya hanya terbatas sampai lima opsi dan lebih terlihat rapih karena tombol akan muncul secara popup setelah menu utama diklik, berikut ini langkah-langkah untuk membuat tipe tombol/button list button :
Klik tombol “Tambah Template Autoreply” pada halaman template autoreply
Pilih nomor pengirim autoreply
Jika anda memiliki beberapa nomor whatsapp anda dapat menentukan secara spesifik nomor mana yang akan mengirim pesan jika kyword auto reply yang anda buat digunakan oleh customer, atau anda dapat memilih opsi “SEMUA” maka semua nomor yang terdaftar di wabot anda akan dapat merespon auto reply yang anda buat.
Keyword Autoreply
Tentukan keyword atau kata kunci yang digunakan untuk mendapatkan respon dari template auto reply yang dibuat. Anda dapat menentukan lebih dari satu keyword dengan memberikan tanda koma “,” untuk memisahkan keyword satu dan keyword lainnya. Keyword yang digunakan tidak case sensitif atau besar kecilnya huruf tidak berpengaruh.
Persentase kemiripan autoreply
Anda dapat menentukan seberapa besar persentase kemiripan text keyword yang digunakan, semakin besar persentase kemiripan maka semakin besar ketepatan tulisan keyword yang digunakan akan bekerja atau merespon.
Tanggapan Autoreply
Pesan atau text yang akan dikirim atau direspon ketika keyword yang telah ditentukan digunakan atau dichat oleh customer ke nomor whatsapp yang terhubung ke smart whatsapp.
Anda dapat menggunakan variabel {name} agar ketika respon dikirim akan menyebutkan nama customer sesuai nama profile customer yang mengirimkan pesan ke anda menggunakan keyword yang telah ditentukan.
Anda juga dapat menggunakan variabel yang ada pada kolom phonebook yang anda telah buat di phonebook berupa {email}, {memo}, {column1} s.d {column5} jika pada saat anda membuat phonebook anda mengisi kolom-kolom variabel tersebut.
Untuk membuat template autoreply dengan tipe List Button, lalu setelah opsi tersebut dipilih akan muncul beberapa opsi tambahan yang perlu diisi untuk membuat template autoreply dengan tipe list button
Teks Button Footer
Berfungsi untuk menambahkan text footer pada pesan autoreply anda, biasanya berupa nama brand anda agar terlihat lebih menarik.
Judul Utama
Kolom judul utama berfungsi untuk memberikan judul pesan autoreply yang akan muncul pada bagian atas pesan autoreply.
Teks pada button berfungsi untuk menentukan nama tombol/button yang akan memunculkan list tombol/button yang anda buat.
Kolom yang berisi pengaturan opsi list button yang dapat anda buat sebanyak sepuluh opsi tombol baris, ada empat pengaturan yang perlu diisi diantaranya :
Berfungsi untuk menentukan bagian atas judul tombol baris
Berfungsi menentukan nama baris judul
Berfungsi untuk mengisi keterangan atau detail fungsi tombol baris
Berfungsi menentukan keyword dari tombol yang dibuat
Simpan/Kirim Template Autoreply List Button
Baris tombol yang disediakan sebanyak sepuluh opsi tidak perlu diisi semuanya, anda hanya perlu mengisi sesuai kebutuhan anda. Selanjutnya anda dapat menyimpan template autoreply list button tersebut dengan mengkilik tombol “Kirim” yang ada pada bagian paling bawah form tambah template autoreply seperti gambar diatas.
Anda dapat mencoba list button yang telah dibuat dengan cara kirim pesan atau chat sesuai keyword yang anda gunakan pada template autoreply yang anda telah buat ke nomor whatsapp yang terhubung ke smart whatsapp
Gambar dibawah ini adalah contoh tombol list button
update Terbaru : untuk tombol autoreply saat ini sudah bisa berjalan hanya replybutton saja, disarankan untuk device yang di setting menggunakan whatsapp biasa agar tombol tetap berjalan, jika tetap tidak berjalanl alternatifnya menggunakan text untuk membales pesan otomatis. terima kasih
Silahkan tonton video dibawah sampai habis
↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓↓
update Terbaru : untuk tombol autoreply saat ini sudah bisa berjalan hanya replybutton saja, disarankan untuk device yang di setting menggunakan whatsapp biasa agar tombol tetap berjalan, jika tetap tidak berjalanl alternatifnya menggunakan text untuk membales pesan otomatis. terima kasih